Rabu, 23 Januari 2013

pengertian macro media flash


Pengertian Macromedia Flash
Aplikasi Macromedia Flash merupakan sebuah aplikasi yang sangat terkenal dalam hal komputer grafis. Dengan menggunakan perangkat lunak ini kita dapat membangun dan membuat berbagai macam hal yang berhubungan dengan komputer grafis, seperti presentasi, multimedia, CD interaktif, animasi (animasi pada halaman web, film kartun, iklan, dan sebagainya), slide show foto, dan masih banyak lainnya .
Dengan menggunakan Macromedia Flash, saat membuat animasi, seperti perpindahan (move), perubahan ukuran (scale), perubahan bentuk (transform), perputaran (rotate), kita cukup membuat frame awal dan akhirnya saja tanpa harus membuat frame diantara atau ditengahnya, karena perangkat lunak ini secara otomatis akan meng-generate-nya. Kelebihan lainnya adalah gambar ataupun animasi yang dihasilkan dari perangkat lunak ini adalah berupa vektor, sehingga gambar yang dihasilkan sangat halus bahkan saat diperbesar (zoom) sekalipun.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh macromedia Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernamaFutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. dan pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Animasi pada Macromedia Flash sama halnya dengan film secara fisik, yang tersusun dari banyak frame dengan gambar-gambar penyusunnya. Frame yang mendefinisikan adanya perubahan pada objek disebut dengan keyframe. Dalam dunia animasi Web, teknologi Flash kini seolah meraja, bagaimana tidak keunggulan-keunggulan yang ditonjolkan membuat hampir semua hal yang terlihat rumit menjadi sedemikian simple dan gampang. Dukungan terhadap Macromedia Flash belakangan ini semakin luas, format Flash Movie *.SWF kini dapat dibuat tidak hanya oleh Macromedia Flash saja.
 Aplikasi lain kini memasukkan *.SWF sebagai format file yang dapat dieksport dari aplikasi trsebut, misalnya Adobe Illustrator atau CorelDraw. Jika anda telah membuat gambar pada aplikasi-aplikasi tersebut, anda dapat langsung mengekspornya ke dalam Flash. Tidak hanya aplikasi, bahkan kini scripting PHP pun dapat memuat format *.SWF Sesungguhnya Macromedia Flash MX adalah sebuah program standar untuk pembuatan animasi high-impact berbasis Web. Anda dapat membuat sebuah animasi logo, navigasi control Web site, animasi form yang panjang, sebuah website utuh berbasis Flash, atau aplikasi web lainnya menggunakan
program aplikasi ini, anda akan menemukan kekuatan dan fleksibilitas dari program Flash ini yang sangat ideal untuk mewujudkan kreativitas anda



 A. Pengertian Animasi 
Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide,animasi            definisikan     sebagai           berikut :

“Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California, 2002)
Yang artinya kurang lebih adalah : “Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bias      bergerak        sendiri.

Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

a. Computer Assisted Animation: animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system  animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam       sebuah            animasi.
b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dan lain sebagainya.

B. Pengertian Multimedia 
Menurut Rosch definisi animasi adalah kombinasi dari computer dan video, menurut McCornick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks. Menurut Turban, dkk multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar. Menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video. Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkan dalam konteks seperti yang dilakukan Hofstetter, multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tools yang memungkinkan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

MENGENAL  AREA KERJA MACRO MEDIA FLASH 
TOOL YANG DIGUNAKAN DALAM FLASH:
1. Tools

Dalam bagian ini berisi alat-alat (tool) yang berguna untuk membentuk dan merubah tampilan dari berbagai macam objek.

a. Selection Tool
 Tool ini berguna untuk menyeleksi objek atau merubah bentuk sebuah objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key V pada keyboard.

b. Subselection Tool
 Tool ini berguna untuk merubah bentuk sebuah objek pada titik atau nodenya. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key A pada keyboard.

c. Line Tool

Tool ini berguna membuat bentuk garis. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key N pada keyboard.
d. Lasso Tool
Tool ini berguna untuk memotong objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key L pada keyboard.

e. Pen Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk objek dalam titik atau node. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key P pada keyboard.

f. Text Tool
Tool ini berguna untuk membuat teks. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key T pada keyboard.

g. Oval Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk oval atau lingkaran. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key O pada keyboard.

h. Rectangle Tool dan Polystar Tool
Tool ini berada pada satu tempat, dan anda dapa memilih dalah satunya dengan klik tahan pada tool. Tool ini berguna untuk membuat bentuk persegi / kotak (rectangle) dan segilima (polistar). Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key R pada keyboard untuk memilih Rectangle Tool.

i. Pencil Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk yang anda sukai, namun berbasis garis. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key Y pada keyboard.

j. Brush Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk objek yang berbasis brush. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key B pada keyboard.

k. Free Transform Tool
Tool ini berguna untuk merubah / transformasi bentuk berupa ukuran, rotasi, maupun skew. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key Q pada keyboard.

l. Fill Transform Tool
Tool ini berguna untuk merubah warna gradasi. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key F pada keyboard

m. Ink Bottle
Tool ini berguna untuk mewarnai garis tepi objek / stroke. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key S pada keyboard.


n. Paint Bucket Tool
Tool ini berguna untuk mewarnai objek / fill. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key K pada keyboard.

o. Eyedropper Tool
Tool ini berguna untuk menduplikat warna. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key I pada keyboard.

p. Eraser Tool
Tool ini berguna untuk menghapus objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key E pada keyboard.

q.Hand Tool
Tool ini berguna untuk menggeser layer seperti halnya tangan. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox bagian view atau dengan menekan shortcut key H pada keyboard.

r. Zoom Tool
Tool ini berguna untuk memperbesar atau memperkecil layer seperti halnya lup. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox bagian view atau dengan menekan shortcut key M atau Z pada keyboard.

s. Colors Dalam bagian Color ini berisikan tool untuk merubah warna dari objek dabik itu berupa warna stroke maupun fill.

t. Stroke Color Tool
Stroke Color berguna untuk mewarnai bentuk stroke atau garis luar dari objek.

u. Fill Color Tool
Fill Color berguna untuk mewarnai bentuk fill atau warna dalam dari objek.



MENGENAL TIMELINE



Timeline merupakan panel utama yang berfungsi untuk mengatur cepat atau lambatnya animasi yang kita buat dan sebagai wadah untuk menyatukan objek-objek dari setiap layer

A.   Layer, adalah suatu lapisan transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie Flash. Jadi, objek yang berada di layer paling bawah akan tertutup oleh objek yang berada pada layer di atasnya.

B.    Keyframe, adalah suatu frame yang berisikan satu objek atau lebih. Keyframe ditandai dengan bulatan hitam pada frame.

C.   Blank Keyframe, adalah suatu frame kosong di mana di dalamnya tidak ada objek. Apabila Blank Keyframe tersebut diisikan sebuah objek, maka ia akan menjadi Keyframe. Blank Keyframe ditandai dengan bulatan putih pada frame.

D.   Playhead, adalah suatu alat yang berfungsi untuk menjalankan animasi di stage tanpa perlu melakukan Test Movie terlebih dahulu. Playhead ditandai dengan kotak slider berwarna merah yang terletak di atas frame.

E.    Frame, adalah suatu wadah bingkai yang membentuk suatu movie Flash. Movie tersebut terdiri atas sekumpulan gambar yang berurutan sehingga apabila dijalankan, movie terlihat seolah-olah bergerak.




















MENGENAL LIBRARY





A.   Window Preview, adalah tampilan yang berfungsi untuk menampilkan simbol atau objek lain pada Library.

B.    Symbol, akan dijelaskan lebih detail pada Modul 3 dan 4.

C.   New Symbol, adalah tombol yang berfungsi untuk membuat simbol baru pada Library.

D.   New Folder, adalah tombol yang berfungsi untuk membuat folder baru pada Library. Di sini kita dapat mengelompokkan beberapa simbol ke dalam satu folder.

E.    Delete, adalah tombol yang berfungsi untuk menghapus simbol maupun objek lain pada Library.


Untuk mengambil objek dari Library lain, klik tanda panah padaLibrary kita, lalu pilih nama Library lain (misal untitled-2). Ambil objek tersebut dengan cara men-drag-nya ke Stage.



MENGGUNAKAN TOOLS

1. Rectangle Tools
Kita dapat membuat bentuk kotak maupun persegi menggunakan tools ini dengan berbagai warna maupun style. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut”
1. Klik Rectangle tools pada toolbar
2. Klik drag pada halaman kerja membentuk kotak
3. Sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan
4. Menggunakan Arrow tools , klik pada gambar.
5. pada fill color pilih warna yang anda sukai.

2. Ovale Tools
Ovale tools digunakan untuk membuat bentuk lingkaran. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pilihlah Ovale tools
2. Klik dan drag untuk membuat lingkaran pada halaman kerja
3. Untuk membuat lingkaran sempurna, tekan tombol shift ketika membuat lingkaran.
3. Pencils Tools

Penggunaan pencils tools sama dengan menulis menggunakan pensil. Ada beberapa mode pilihan menggunakan pencils tools, yaitu:
1. Straighten mode, digunakan untuk membuat bentuk dengan garis lurus-lurus.
2. Smooth mode, digunakan untuk membuat bentuk dengan sudut halus.
3. Ink mode, digunakan untuk membuat betuk yang lebih bebas.

a. Line Tools
Line tools digunakan untuk membuat bentuk lurus. Apabila anda bermaksud membuat garis lurus dengan perbedaan sudut 450 , maka tekan shift ketika membuat garis.

b. Text Tools
Flash memberikan 3 pilihan jenis teks, yaitu:
1 Static text, yaitu teks sederhana yang biasanya digunakan untuk membuat label.
2 Dinamic teks, yaitu teks yang dapat digunakan untuk menampilkan teks dari luar.
3 Input teks, yaitu teks yang digunakan untuk meminta input dari user. Misalnya pembuatan form isian.




c. Paint Bucket
Tools ini digunakan untuk memberi warna pada objek yang diinginkan.
1 Buatlah objek lingkaran.
2 Klik pada paint bucket tools. Pada bagian fill color, pilih warna yang anda sukai.
3 Klik pada objek yang akan diberi warna.


d. Ink Bottle
Penggunaan Ink bottle, seperti halnya paint bucket, namun penggunaan tools ini untuk mewarnai garis tepi objek.

e. Brush Tools
Mewarnai menggunakan tools ini, akan menghasilkan goresan seperti menggunakan kuas. Ada beberapa pilihan yang dapat anda gunakan untuk mewarnai, yaitu:
1 Paint Normal, digunakan untuk mengecat bagian objek dengan mode normal.
2 Paint Fill, digunakan untuk mengecat bagian warna objek.
3 Paint Behind, digunakan untuk mengecat bagian belakang objek.
4 Paint Selection, digunakan untuk mengecat bagian yang terseleksi.
5 Paint Inside, digunakan untuk mengecat bagian dalam objek.

f. Lasso Tools
Lasso tool merupakan tool pemilih. Anda dapat melakukan seleksi dengan bentuk lurus maupun bentuk bebas.
 1. Pilih Lasso tool.
2. Klik pada titik awal objek, drag mengikuti aliran pemilihan.
3. Apabila pemilihan selesai, lepaskan mouse.
Jika anda bermaksud melakukan pemilihan dengan bentuk selalu lurus, pada option tools, pilih Polygon tools kemudian lakukan seleksi dengan cara klik setiap titik pemilihan dan diakhiri pada titik awal seleksi.

g. Eraser Tools
Tools ini digunakan untuk menghapus objek terpilih dengan beberapa pilihan:
1. Eraser Normal, untuk menghapus objek yang dilewati eraser tools.
2. Eraser Fill, untuk menghapus warna objek
3. Eraser Lines, untuk menghapus garis tepi objek
4. Eraser Selected Fills, untuk menghapus warna yang terpilih
5. Eraser Inside, untuk menghapus bagian dalam objek
6. Faucet Modifier, untuk menghapus satu bagian objek yang terkena faucet. Anda dapat mengubah ukuran penghapus dengan merubahnya pada tools option.


h. Eye dropper Tools
Tools ini digunakan untuk mengkopi warna dari satu objek ke objek yang lain.
1. Buatlah objek kotak dengan warna kuning.
2. Kemudian buat objek dengan warna hijau pada tempat yang berbeda.
3. Pilih Dropper tools, klik pada objek kotak, kemudian klik pada fill objek lingkaran

i. Zoom Tools
Zoom tools digunakan untuk memperbesar tampilan objek.

j. Hand Tools
Apabila projek yang anda buat sangat besar, untuk melihat bagian yang diluar area preview dapat digeser dengan Hand tools.


MEMAHAMI JENIS FILE HASIL FLASH

Flash dapat menghasilkan banyak file keluaran. Namun secara umum, terdapat tiga jenis file utama pada Flash, di antaranya:

A.   File Utama (.fla), adalah jenis file utama ketika kita menyimpan movie Flash kita. Kita bisa membuka dan mengedit semua jenis file .fla pada Flash.

B.    File Hasil Ekspor (.swf), adalah jenis file yang biasa digunakan pada halaman web. File dalam format .swf dapat dilihat melalui web browser, selama browser tersebut memiliki Flash Player.

C.   File Eksekusi (.exe), adalah jenis file yang dapat dieksekusi tanpa perlu memiliki aplikasi Flash ataupun Flash Player. Dengan melakukan klik ganda terhadap file .exe tersebut, maka file tersebut akan terbuka secara otomatis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar